Jumat, 05 Desember 2014

Contoh Proposal Usaha

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Saat ini makanan tradisional khususnya makanan tradisional sunda sudah jarang sekali ditemukan. Hal ini terjadi karena maraknya makanan modern seperti fastfood, junkfood dan makanan barat yang lebih disukai oleh kalangan muda bahkan orangtua sekalipun. Apabila kejadian ini terus berlanjut maka, besar kemungkinan anak cucu kita tidak akan mengetahui apa yang dimakan oleh orang terdahulu .
Melihat kondisi tersebut, saya mencoba berinovasi dengan makanan tradisional yang membuat para kaum muda merasa tertarik untuk mencoba. Yaitu singkong keju siap goreng. Sebelum menjalankan bisnis ini, saya sebagai pedagang harus mengetahui seberapa besar peluang makanan tradisional ini menarik perhatian masyarakat. Kita juga harus mengetahui bagaimana pesaing-pesaing kita khususnya jajanan pasar yang biasa bisa  menarik masyarakat luas terhadap  produk ini.

1.2  Tujuan
Tujuan saya menjual singkong keju tersebut adalah :
1.      Memperkenalkan kepada masyarakat luas bahwa makanan tradisonal pun dapat bersaing dengan makanan modern  lainnya
2.      Menambah lapangan pekerjaan bagi lingkungan sekitar perusahaan ini
3.      Menjual produk yang berkualitas dengan harga terjangkau

1.3  Nama dan Jenis Usaha
Nama usaha           : SIKRESH (Singkong Keju Renyah Siap Goreng)
Jenis Usaha            : Pedagang eceran

1.4  Identitas pemilik usaha
1.      Penanggung jawab semua aspek                     : Anita Nurqonita
2.      Penanggung jawab aspek produksi                 : Asep
3.      Penanggung jawab aspek pemasaran              : Taufik Ismail
4.      Penanggung jawab aspek keuangan                : Heni Sunarni
5.      Penanggung jawab aspek Adminidtrasi          : Doddy Natawijaya

1.5  Pengalaman yang pernah dimiliki
Sebelum saya menjalankan bisnis ini, saya pernah berbisnis makanan ringan berupa roti bakar dengan berbagai macam varian rasa di acara Market Day. Berjualan keripik singkong dan bebagai macam makanan olahan daging di acara HIPA 2011-2012

BAB II
RENCANA KEGIATAN USAHA
2.1 Aspek organisasi
 


BAB III
3.1 Aspek Produksi

3.1.1 Produksi
            Produk dan karakteristik produk yang saya jual adalah makanan yang memiliki kualitas tinggi dengan bahan pilihan, rasa yang enak dan sehat, harga terjangkau, halal, dan tidak menggunakan bahan pengawet.

3.1.2 Packing
Produksi          : langsung dibuat di rumah
Packing            : menggunakan plastic dengan divaccum dan dipress
Terakhir didistribusika kepada konsumen

3.2 Aspek pemasaran

3.2.1 pendistribusian
Saya memasarkan ke  café-café, rumah makan dan hotel

3.2.2 strategi promosi
Saya menggunakan media online, twitter, facebook, dan brosur sebagai startegi promosi

3.2.3 Konsep Pelayanan Prima
Sebagai penjual yang baik, saya akan memberikan layanan semaksimal mungkin sehingga para konsumen memiliki kepuasan dalam membeli produk yang saya jual ini. saya menggunakan 3 strategi dalam usaha ini yaitu :
- Konsep Attitude ( Sikap )
Saya akan selalu berpenampilan serasi diantaranya ( cara berhias, cara berbusana, dan ekspresi wajah).
- Konsep Attention ( Perhatian )
Saya akan mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan, mengamati perilaku pembeli, dan mencurahkan perhatian penuh pada pembeli.
- Konsep Action ( Tindakan )
Saya akan melakukan tindakan yang sesuai sehingga para pembeli lebih tertarik untuk membeli coklat  yang saya jual ini seperti pencatatan pesanan pelanggan, pencatatan kebutuhan pelanggan, penegasan kembali kebutuhan pelanggan, mewujudkan kebutuhan pelanggan, menyatakan terimakasih dengan harapan pelanggan kembali membeli produk saya.

3.2.4 wilayah atau lokasi pemasaran
Walaupun membuka industri di rumah, tapi bukan berarti usaha ini hanya dirumah saja. Saya akan mecoba memasukan produk saya ke café-café di daerah  yang stategis, resto  dan hotel-hotel yang biasa  menerima pesanan  produk makanan dari luar. Sehingga keuntungan yang didapatkan lebih besar karena pemasaran yang cukup luas

3.2.5 konsep sasaran (target pasar)
Saya menjual produk ini kepada kalangan muda, orangtua, anak-anak, dan warga asing (bule). Yang terdiri dari teman, saudara, dan tentanggan teman kuliah saya.

3.2.6 Persaingan ( SWOT )
Saya menganalisis produk yang akan saya jual ini dengan analisis SWOT yaitu :
- S ( Strength )              : Kekuatan dari produk yang saya jual ini adalah harganya yang   
                                      terjangkau, bersertifikat halal dan memiliki kualitas yang baik.
- W ( Weakness )         : Kelemahan dari
sikresh ini yaitu kurangnya promosi dipasaran
                                      karena
sikresh  ini baru akan saya dirikan.                                     
- O ( Opportunity )       : Peluang dalam menjual
sikresh  ini sangat besar
                                      karena dimulai dari anak-anak, hingga dewasa menyukai
singkong  sehingga
                                      semakin hari semakin meningkat.
- T ( Threat )                : Ancaman dari penjualan
singkong  ini adalah saya
                                      memiliki banyak pesaing karena sudah banyak perusahaan besar yang
                                      menjual
singkong  dan sudah terkenal di pasaran

3.2.7 Kebijakan Harga
Saya menarif harga untuk penjualan di pasaran seperti berikut :
Produk
Harga Asli
Harga Jual
Harga Pesaing

Singkong Keju Siap Goreng

Rp.
10.000,-

Rp.
15.000,-
Makanan junkfood Rp. 25.000,- per porsi

3.3 Aspek Administrasi
3.3.1 Jadwal Kegiatan
Kegiatan penjualan ini akan saya lakukan selama kurun waktu 5 hari dalam satu minggu yaitu :
- Hari                           : Senin –
Jum’at
- Awal Penjualan         : 10 Oktober 2013
3.4 Aspek Keuangan
3.4.1 Permodalan
Modal awal yang akan saya rencanakan untuk satu minggunya RP. 500.000. dengan rincian untuk jumlah produksi 50  kg sebagai berikut :
1.      Singkong                      = Rp. 100.000,-
2.      Garam                          = Rp.     5.000,-
3.      Bawang putih               = Rp.   20.000,-
4.      Minyak goreng             = Rp.   50.000,-
5.      Plastik                          = Rp.   10.000,-
6.      Lain-lain                      = Rp.20.000,-
Total    = Rp. 205.000,-

BAB IV
PENUTUP
            Demikian proposal yang saya buat, semoga dengan adanya proposal ini, memudahkan saya dalam pendistribusian barang dagang saya dan diterima di masyarakat luas. Kesimpulan yang dapat saya tarik, saya memperoleh bagaimana tatacara membuat proposal yang baik dan benar. Akhir kata, proposal ini jauh dari kesempurnaan. Saya harap kritik dan saran sangat dinantikan agar lebih baik ke depannya. Terimakasih.
LAMPIRAN



Tidak ada komentar:

Posting Komentar